Call Center +62 (061) 7358938
Berita
 
MB Hutagalung Bangga Wushu Indonesia
21 Jun 2016 - AnalisaDaily.com
MB Hutagalung Bangga Wushu Indonesia

Medan, (Analisa). Mantan Ketua Umum Pe­ngurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) MB Hutagalung ber­syukur dan bangga, cabang olahraga yang pernah dipim­pinnya kini kian maju dan berkembang di bawah kepe­mimpinan Master Supandi Ku­suma.

Rasa syukur dan bangga tersebut disam­paikan MB Hu­tagalung saat melaku­kan kun­jungan silaturahim dengan Ketua Umum Mas­­ter Supandi Kusuma di Gedung Harian A­na­­lisa, Senin (20/6).

Hutagalung mengakui, ia tidak lama me­mimpin PB WI.“Saat itu, sekira akhir tahun 1990-an, saya ditunjuk Ketua Umum KONI Pusat Wis­moyo Arismunandar, kare­na kon­disi Wushu Indonesia sedang ku­rang baik. Namun dari Wushu saya banyak men­dapat pelaja­ran. Dan saya bersyukur sem­pat mena­ngani cabang olahraga ini,” kata Huta­galung yang kini aktif sebagai Ketua Peng­prov PJSI DKI Jakarta.

Dibanding dengan masanya lalu, Hutaga­lung mengaku takjub Wushu Indonesia kini jauh lebih berkembang dan berprestasi.

Semua ini, menurutnya, tidak terlepas dari keseriusan dan totalitas Master Supandi Kusu­ma membina dan mena­ngani olahraga ini.

“Wushu Indonesia bisa maju karena dita­ngani orang yang tepat. Terbukti, Master Supandi sebelum memimpin induk organi­sasi ini, ia me­ngawalinya sebagai atlet dan berlanjut menjadi wasit juri. Pengalaman ini mem­buat ia bisa mengajari dan membina sen­­­­diri. Dan syukurnya lagi, ia juga mem­biayainya sendiri,” kata Hutagalung.

“Saya sudah kenal lama dengan Master Supandi Kusu­ma. Saya tahu, ia orang yang serius dan totalitas. Baik dalam berbisnis maupun sebagai pembina olahraga. Hasilnya bisa kita lihat sekarang ini,” ujarnya.

Pria pensiunan Jenderal Bintang Dua Polisi lebih lanjut mengatakan, belajar dari per­jalanan Wushu Indonesia, se­sungguhnya kita harus fokus dalam mengembangkan poten­si yang kita miliki.

“Saya tidak melarang kita untuk bermim­pi. Tapi kita ha­rus realistis. Artinya, tidak usah memaksakan diri menjadi ini dan itu,” ujarnya.

Pria yang pernah menjabat Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Kalem­diklat) Polri, Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian atau PTIK, dan kemudian Deputi Kapolri Bidang Operasi (De­ops) ini menyebut demi­kian, sebab menurutnya, petinggi-petinggi olah­raga di tanah air terkadang tidak tau apa se­sungguhnya potensi olahraga Indonesia.

“Saya bukan bilang kita tidak bisa menjadi juara dunia sepakbola, tapi sepertinya me­mang sangat sulit. Bukti sudah terlihat, melalui Wushu, sudah lahir anak-anak bangsa Indo­nesia yang menjadi juara du­nia. Sebelumnya bulutangkis juga demikian. Karenanya, lebih baik pemerintah fokus membina olahraga yang ber­potensi prestasi,” ujarnya.

“Masih kurang baiknya prestasi olahraga Indonesia karena Pemerintah terkesan kurang tahu kunci untuk mendongkrak prestasi terse­but. Seperti contoh misalnya di wushu. Seha­rusnya cabor ini diberi perhatian lebih karena sudah menunjukkan prestasi. Lihat dimana lum­­bung pembinaannya. Alokasi­ dana yang diperlukan sehingga regenerasi atlet berlan­jut,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang berlangsung penuh kekeluar­gaan tersebut, Hutagalung ber­­harap Master Supandi bisa tetap ber­kiprah meski usia tidak lagi muda.­“Siapkan kader Master Supandi agar prestasi Wushu Indonesia tetap terjaga,” ujar­nya.

Sesama pembina olahraga beladiri, Huta­galung juga meminta dukungan Master Supandi karena Medan akan menjadi tuan rumah Kejurnas Judo Piala Kapolri.

Terimakasih

Master Supandi Kusuma didampingi pengurus Wushu seperti Tony SH dan mantan pewushu nasional Heriyanto, mengucapkan terimakasih atas kunjungan MB Hutagalung.

“Pak Hutagalung memang teman lama. Kami dulu sama-sama membina wushu. Tapi selanjutnya beliau lebih banyak mengurusi judo,” kata Master Supandi sambil terse­nyum.

Master Supandi juga me­ngakui, usianya yang tidak lagi muda membuatnya tidak bisa seenergik dulu membina wushu. Tapi yang pasti, ia akan beru­paya bagaimana pembinaan Wushu tetap berjalan selagi ia mampu.

Pertemuan yang penuh keke­luargaan ini diakhiri dengan foto bersama. (mp)

Head Office

Jl. Wushu No. 3-7 Medan 20214
Sumatera Utara - Indonesia
Telp. +6261 7358938 - 7359338
Fax. + 6261 7362980

http://www.ykwi.or.id
Email : ykwi.wushu@gmail.com

Daftar Sekarang Juga
Sebagai Anggota Baru WushuTai-Chi

Kami akan terus bekerja lebih keras demi prestasi Indonesia. Kami akan memenuhi kebutuhan atlet-atlet PELATNAS dengan program kami seperti mendatangkan pelatih Tiongkok atau mengirim atlet kita ke Tiongkok. Atlet dan pelatih juga harus bekerja lebih keras

Partners