Call Center +62 (061) 7358938
Berita
 
Wushu Sumatera Utara Dijanjikan Pasti ke Tiongkok
18 Jul 2016 - harian.analisadaily.com
Wushu Sumatera Utara Dijanjikan Pasti ke Tiongkok

Medan, (Analisa). Pemerintah Provinsi dan KONI Sumatera Utara menjan­ji­kan atlet Pelatda wushu pasti dibe­rangkatkan try out ke Ti­ongkok, sebagai bekal meng­ha­dapi PON XIX/2016 di Bandung September mendatang.

Janji tersebut disampaikan Kadispora Sumut H Baharud­din Siagian SH MSi dan Ketua Harian KONI Sumut Jhon Is­madi Lubis saat meninjau Pe­latda PON cabor Wushu di Yayasan Kusuma Wushu Indo­ne­sia (YKWI) Jalan Plaju Me­dan akhir pekan kemarin.

“Kalian pasti berangkat try out ke Tiongkok. Karena hal itu merupakan bagian dari prog­ram untuk meraih prestasi di PONXIX/2016. Soal keberang­katannya kita upayakan secepat mungkin,” ujar Kadis­pora H Baharuddin Siagian.

“Persoalan try out ini, biar­lah menjadi urusan kami. Kalian tidak perlu ikut memi­kirkannya. Yang pasti, dalam satu dua hari ini, kami akan bertemu dengan Pembina Wu­shu Sumut Master Supandi Kusuma guna merumuskan rencana try out ini,” tambah Jhon Ismadi Lubis di ha­dapan para atlet dan pelatih serta pengurus Wushu Sumut Dr No­vita Sari MPd, Alex Tjong dan Junaidi Gandy .

Kadispora didampingi Sek­re­taris H Sakiruddin SE MM dan Kabid Olahraga Rudi Ri­naldi S.Sos memaparkan, Pem­prov­su pimpinan Gubsu H.T Erry Nuradi memahami sepenuhnya kebutuhan cabor-cabor olahraga, termasuk Wu­shu dalam persiapan meng­ha­dapi PON.

Namun, segala sesuatu ha­rus tetap disesuaikan dengan kon­disi yang ada. Begitupun, pihaknya tetap berupaya agar program-program yang telah dirancang tetap terlaksana. Ter­lebih Wushu, sebagai cabor olah­raga andalan Sumut untuk meraih medali emas di PON mendatang.

“Prestasi Wushu Sumut menjadi umum sejak PON XVI 2004 di Palembang hingga PON XVIII 2012 di Pekanbaru harus dipertahankan. Kita ingin kiblat wushu nasional harus tetap di Sumut, tidak boleh pindah ke provinsi lain,” ujar Bahar yang dalam kunjungan kemarin tampil modis menge­nakan corak batik berwarna coklat.

“Kami juga berharap, wu­shu menjadi daya dorong bagi cabor -cabor lain untuk meraih medali emas di PON menda­tang,” tambahnya.

Kepada para atlet, Bahar mengingatkan untuk terus berlatih sungguh-sungguh. Apalagi, hampir semua pro­vinsi sangat berkeinginan me­ngejar prestasi Wushu Su­mut.

Seharusnya April

Dalam kesempatan tersebut, Pelatih Taolu Sandri Liong memaparkan, pihaknya me­nya­dari penuh beratnya tugas dan tanggungjawab mempertahankan prestasi terbaik di PON Jabar.

Karena itulah, mereka mem­pro­gram­kan sejak April semes­tinya sudah harus try out ke Tiongkok. “Di sini kami tidak punya lawan tanding lagi pak. Terkhusus atlet Sanda. Karena­nya kami butuh try out sekali­gus Pelatda Penuh di Tiongkok. Apalagi kompetiter kita seperti Jatim, Jateng bahkan Jambi, sudah lebih dulu berguru ke Tiongkok,” ujar Sandi.

“Berlaga di PON ibaratnya kita mau “berperang” pak. Ka­renanya kita butuh “senja­ta”.Sebab itulah try out sangat dibu­tuhkan,” tambah Sandri pada perte­muan yang juga dihadiri Wakil Ketua II KONI Sumut Prof Agung Sunarno.

Karena itulah Sandri meng­ha­rapkan ada kepastian dari Pemerintah maupun KONI Sumut tentang rencana try out ke Tiongkok.

Wushu Sumut pada PON mendatang berkekuatan 21 atlet, 13 taolu dan 8 sanda. Adapun atlet yang yang dipersiapkan ke PON XIX/2016 di Jabar adalah sebagai berikut:

  • Taolu Putra: Aldi Lukman, Harris Horatius, Char­les Sutanto, Fredy, Ni­cholas, Wilbert Sanjaya, Jodis, Eric Losardi.
  • Taolu Putri: Lindswell, Juwita Niza Wazni, Dwi Arim­bi, Dessy Indri Astuti dan No­vita Sari Sitepu.
  • Sanda Putra: Franstitus Tarigan 48 Kg, Dasmantua Simbolon 52 Kg, Adi Manu­rung 56 Kg, Hendrik Tarigan 65 Kg.
  • Sanda Putri: Junita Malau 48 Kg, Rosa Simanjuntak 52 Kg, Mei Yulianing­sih 56 Kg, Elika Tarigan 60 Kg.

Para atlet ditangani Pelatih Sandri Liong dan Ying Yu Zhu, Liu Zhen, Wu Qiang, Ricardo Zendrato dan Nerry Agus Manullang. (mp)

Head Office

Jl. Wushu No. 3-7 Medan 20214
Sumatera Utara - Indonesia
Telp. +6261 7358938 - 7359338
Fax. + 6261 7362980

http://www.ykwi.or.id
Email : ykwi.wushu@gmail.com

Daftar Sekarang Juga
Sebagai Anggota Baru WushuTai-Chi

Kami akan terus bekerja lebih keras demi prestasi Indonesia. Kami akan memenuhi kebutuhan atlet-atlet PELATNAS dengan program kami seperti mendatangkan pelatih Tiongkok atau mengirim atlet kita ke Tiongkok. Atlet dan pelatih juga harus bekerja lebih keras

Partners